ARTI CINTA

Menjadi subjek abstrak dan kompleks, sulit untuk menetapkan definisi yang tepat dari cinta . Namun, hal itu dapat dianggap sebagai satu set perilaku dan sikap yang tanpa pamrih dan tanpa syarat , dan yang diwujudkan antara orang-orang yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan kecerdasan emosional.

Ini berarti bahwa cinta hanya dapat dialami oleh manusia, meskipun spesies lain juga mampu membangun ikatan emosional , seperti anjing , kuda atau lumba-lumba .

Dalam bahasa sehari-hari, cinta sering langsung berhubungan dengan cinta romantis, yang merupakan hubungan yang penuh gairah antara bentuk dua orang. Namun, istilah ini dapat diterapkan untuk hubungan lain, seperti cinta keluarga, cinta platonis dan indera yang lebih luas (cinta Allah atau cinta alam). Dalam semua kasus, cinta merupakan perasaan kasih sayang yang besar.

Cinta bukanlah konsep biologi. Ekspresi yang berbeda terkait dengan cinta, baik pada manusia dan spesies lain, tidak terkait dengan kelangsungan hidup. Dengan cara ini, kita bisa menyebut seks tanpa tujuan reproduksi dan perilaku altruistik.

Perlu dicatat bahwa beberapa penelitian ilmiah telah menemukan hubungan korelatif antara jumlah hormon (dopamin, serotonin, dll) hadir dalam tubuh dan negara-negara yang memenuhi syarat sebagai cinta (gairah, nafsu, dll).